presiden-joko-widodo-dan-menteri-pertaha

Jakarta, CNN Indonesia --

Ketua Badan Pemenangan Pemilihan Presiden (Bapilpres) Pro Jokowi (Projo) Panel Barus menilai Presiden Jokowi memiliki kecenderungan mendukung Ketum Gerindra Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

"Tapi saya kalau ditanya pribadi. Saya lihat Pak Jokowi cenderungnya ke Pak Prabowo. Saya pribadi, Panel Barus," kata Panel saat berkunjung ke Rumah Pemenangan Relawan Prabowo Presiden, Jakarta, Kamis (21/9).

Ia menyebut banyak faktor yang menjadi dasar penilaiannya bahwa arah dukungan Jokowi ke Prabowo. Namun, ia tidak menjelaskan secara detail.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Karena banyak hal. Tapi juga kan punya intensitas diskusi segala macam," katanya.

Meski demikian, Projo belum menyatakan sikap resmi di Pilpres. Saat ini, masih ada sejumlah daerah yang belum melaksanakan konferensi daerah.

Ia menyampaikan sejauh ini sudah ada 12 Projo daerah yang mendukung Prabowo.

"Masih menjalankan mekanisme internalnya berupa konferda dan rakernas di akhir Oktober. Finalnya juga kita akan tunggu arahan dari Pak Jokowi. Kita tunggu dan kita tegak lurus, patuh. Enggak mungkin kita sikapnya beda dengan Pak Jokowi," katanya.

Prabowo adalah bakal capres yang sudah mendapat dukungan dari Gerindra, Golkar, PAN, PBB, Gelora dan Garuda.

Ada pula Ganjar Pranowo yang mendapat dukungan PDI Perjuangan, PPP Hanura, dan Perindo. Baik Prabowo maupun Ganjar belum menentukan bakal calon wakil presiden pendampingnya.

Lalu Anies Baswedan didukung PKB, NasDem dan PKS. Anies sudah menggandeng Muhaimin Iskandar sebagai bakal calon wakil presiden.

(yoa/bmw)

[Gambas:Video CNN]